Posted by: asep | March 28, 2007

D3 TKJ DAN PERANAN PERMAGANGAN MAHASISWANYA DALAM PENYUKSESAN PROGRAM JARDIKNAS

A. APA ITU D3 TKJ?

Sebelum kita berbicara panjang lebar tentang hubungan dan peranan antara permagangan mahasiswa D3 TKJ dengan pensuksesan program Jejaring Pendidikan Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan JARDIKNAS yang dicanangkan oleh pemerintah ini, ada baiknya jika kita review dulu tentang eksistensi D3 TKJ.

Departemen Pendidikan Nasional mulai tahun 1999, telah mengawali pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini melalui Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, yaitu dengan program Jarnet (Jaringan internet). Program ini adalah program penyediaan infrastruktur Teknologi Internet di SMK tertentu yang memenuhi persyaratan Program berikutnya adalah JIS (Jaringan Informasi Sekolah), yang menekankan peningkatan kualitas SDM dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Sekolah menengah di Kabupaten/Kota . Tahap ketiga yang dilakukan adalah menghubungkan seluruh Sekolah menengah yang ada di dalam Kabupaten/Kota menggunakan Teknologi WAN (Wide Area Network), program ini disebut dengan WAN Kota. Tahap akhir yang dilaksanakan adalah mengembangkan centra-centra teknologi Informasi dan Komunikasi di Tiap Kabupaten/Kota dalam bentuk ICT Center.

Berbekal pengalaman dan perkembangan yang terjadi, maka Departemen Pendidikan Nasional juga pada tahun 2006 sudah melakukan investasi pembangunan Jaringan Pendidikan Nasional yang disebut Jardiknas, yang menghubungkan 441 Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, 441 ICT Center yang tersebar di Kabupaten Kota, 3374 Client ICT center, dan 33 Dinas Pendidikan Propinsi, 12 PPPG, 31 LPMP dan 5 BPPLSP, ke Pusat (Depdiknas), dengan harapan semua data dan informasi yang menyangkut Pendidikan dapat diakses dengan cepat dan akurat.
Jaringan ini membutuhkan SDM yang tangguh untuk menjaga, memperbaiki, dan merawat sehingga dibentuklah program TEKNISI JARDIKNAS yang salah satu tujuannya adalah menjaga dan memperbaiki dan merawat jejaring pendidikan nasional (Jardiknas).

Nah, adanya tuntutan akan penyediaan SDM untuk merawat jaringan JARDIKNAS ini, maka Dinas Pendidikan Menengah Kejuruan ( Dikmenjur ), Dinas Pendidikan Nasional ( depdiknas ) dan bersama Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri ( BPKLN ) mengadakan program beasiswa kuliah D3 Teknik Komputer Jaringan. Mahasiswa D3 TKJ ini tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia. Sistem perkuliahannya menggunakan system perkuliahan jarak jauh.

Karena program ini berbasis kepada kompetensi, maka kurikulum yang digunakan mengacu kepada standard kompetensi dalam bidang Teknik Komputer dan Jaringan.

Image
Standar kompetensi yang menjadi acuan adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam bidang TIK yang dikeluarkan oleh Asosiasi dan Perusahaan yang terkait dalam bidang TIK, Departemen Tenaga Kerja, Departemen Kominfo dan Departemen Pendidikan Nasional. Seluruh standar ini telah melalui konvensi bersama dan dinyatakan sah sebagai sebuah standar dalam bidang masing-masing. Adapun SKKNI yang digunakan dalam program teknisi jardiknas ini adalah:
– SKKNI Operator dan Pemrogram Komputer
– SKKNI Jaringan Komputer dan Sistem Administrasi

– SKKNI Computer Technical Support

 

B. JEJARING PENDIDIKAN NASIONAL ( JARDIKNAS )

Pada tahun 2006, dipelopori oleh Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto yang saat itu menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Departemen Pendidikan Nasional atau Depdiknas membuat gebrakan baru dengan membuat sistem jaringan berskala Nasional yang disebut dengan Jejaring Pendidikan Nasional atau JARDIKNAS. Jardiknas atau Indonesian Education Network adalah program pendidikan berbasis internet dan intranet yang menghubungkan Depdiknas dengan dinas pendidikan, sekolah-sekolah, dan universitas. Jejaring ini menghubungkan 464 titik (sampai 1 April 2007) yang menyambungkan 390 Dinas pendidikan Kota/Kabupaten, 33 Kantor Dinas Pendidikan Propinsi, 20 Perguruan tinggi penyelenggara program teknisi Jardiknas, 3 Unit Depdiknas Pusat, 2 PPPG, 5 BPPLSP dan 1 LPMP. Seluruh sistem ini terhubung menggunakan teknologi MPLS dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan dari PT. Telkom. Selain menghubungkan seluruh titik di atas, Jardiknas yang berpusat di Gedung C Lantai 7 Depdiknas Senayan Jakarta, dihubungkan dengan link Internasional sebesar 50 MBps dan link ke OpenIX sebesar 100 MBps.

Program jardiknas ini baru dluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Rabu (14 Maret 2007) di Denpasar, Bali. Peluncuran sarana pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini menjadikan Jardiknas sebagai jejaring TIK terbesar di Indonesia.

Pe-PP Project berharap bahwa jaringan ini dapat dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar sekolah. Salah satu cara pemanfaatan Jardiknas untuk melakukan peningkatan kapasitas masyarakat di sekitar sekolah adalah dengan membuat Telecenter Berbasis Sekolah (School Based Telecenters). Sekolah yang mempunyai fasilitas internet (terhubung dengan Jardiknas) dapat dijadikan sebagai sebuah “Telecenter” setelah jam pelajaran sekolah selesai. Telecenter berbasis sekolah ini dapat digunakan sebagai pusat kegiatan untuk peningkatan kapasitas masyarakat sekitar sekolah baik kapasitas mereka dalam hal teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology-ICT) maupun peningkatan kapasitas dalam hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

C. PERANAN PERMAGANGAN MAHASISWA D3 TKJ DALAM MENSUKSESAN PROGRAM JARDIKNAS

Permagangan di lingkungan Mahasiswa D3 TKJ telah berjalan kurang lebih selama 3 bulan. Program teknisi Jardiknas ini mewajibkan mahasiswanya magang di instansi pendidikan baik negeri maupun swasta yang terhubung dengan Jaringan Pendidikan Nasional. Permagangan ini menjadi bagian yang penting dari program tersebut. Hal ini dapat dilihat dari alokasi waktu mahasiswa untuk magang di instansi yang ditunjuk lebih banyak dari pada waktu mahasiswa tatap muka di kampus. Perbandingan waktunya adalah 3 berbanding 1. Ini berarti, dalam sebulan mahasiswa harus berada di tempat magang masing-masing selama tiga minggu dan satu minggu sisanya masuk kuliah di kampus.

Tujuan dari permagangan ini adalah agar mahasiswa mampu mempraktekan langsung ilmu yang diperolehnya di bangku kuliah. Bahkan lebih dari itu, mahasiswa akan mampu menangani langsung masalah-masalah yang berkaitan dengan jaringan komputer yang muncul di lapangan, sehingga pembendaharaan ilmunya semakin bertambah. Dengan kata lain, mahasiswa belajar di dua tempat yaitu belajar di kampus dan belajar di lapangan.

Terlepas dari semua itu, sebenarnya kegiatan permagangan ini mempunyai peranan penting dalam penyuksesan program Jardiknas karena nantinya para mahasiswa ini akan menjadi tenaga ahli jaringan yang akan menjaga dan merawat keberlangsungan jaringan sekolah yang merupakan bagian dari Jardiknas itu sendiri.

Jika kita lihat dari penjelasan di atas bahwa mahasiswa secara frekuentif lebih banyak berada di tempat magang dari pada pertemuan di kampus, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa mahasiswa lebih banyak belajar di lapangan dari pada di kampus. Dalam hal ini permagangan berperan besar dalam peningkatan ketrampilan maupun pengetahuan mahasiswa tentang dunia IT. Di Kampus mempelajari konsepnya, di tempat magang mengaplikasikannya.

Keberhasilan Jardiknas salah satunya ditentukan oleh tingginya SDM mahasiswa D3 TKJnya. Keberhasilan mahasiswa D3 TKJ salah satunya ditentukan oleh tingginya tingkat partisipasi dalam dunia magang.


Responses

  1. Aku bingung dengan JARDIKNAS, Kemaren dapat project dari DIKNAS pusat untuk buat aplikasi Pendidikan tetapi setelah implementasi bertabrakan dengan program2 JARDIKNAS. Andai pemerintah mau lebih tahu…

  2. Assalamu’alaikum,,
    Halo teman-teman TKJ se Nusantara,bagaimana kabarnya semoga tetap semangat menimba ilmu diProvinsi masing-masing. Salam kenal ya, Saya Raihan dari NTB ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya magang di SMP Negeri 2 Mataram. Mungkin kegiatan magang saya ini tidak semenarik teman-teman lainnya karena saya ditempatkan diLab.Komputernya yang hanya dipergunakan sepulang sekolah yaitu kira2 jam 13.00 dan saya hanya sebagai pendamping bagi guru TIKnya ketika mengajar. Jadi selebihnya dari pagi sampai jam 13.00 itu bisa dibilang saya nggak ada kerjaan kecuali kalau saya diminta untuk mengetik ini dan itu oleh guruTIKnya atau guru2 lainnya.
    Perlu diketahui bahwa SMPN 2 Mataram ini sudah tersambung dengan internet beberapa bulan kekita saya belum magang disana sehingga saya tidak sempat menyaksikan proses pemasangannya.
    Dilain pihak itulah yang membuat saya agak sedikit betah karena saya bisa browsing internet dan mecari sesuatu yang bermanfaat atau yang berkaitan denga materi kuliah disela-sela waktu kosong tsb.
    Mungkin hanya itu yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini dan bagi teman-teman yang ingin menjadi teman diskusi saya, saya tunggu e-mailnya yang bisa dikirimkan ke raihan_rein@yahoo.com.
    Maju terus jardiknas…………!!!

  3. saya setuju saja. tapi untuk tahun ajaran baru ini apakah program ini masih membuka penerimaan mahasiswa baru???

  4. p saya mau tanya tentang program d3 tkj th 2008 JAKARTA, masih menerima mahasiswa baru tidak ya?

  5. Menurut kabar yang saya dengar tahun ajaran 2008 ini tidak menerima mahasiswa lagi untuk beasiswa D3TKJ dikarenakan over quote. tapi jangan berputus asa dulu, karena ini baru kabar angin, coba kamu cari-cari dulu kabarnya. semangaat……….😉

  6. Saya mahasiswa jardiknas di jakarta….
    mAw crita dikit….
    kayaknya kOq program kuliah nya gag terorganisir dgn jLas ya????
    ujian online brantakan,,,,
    UAS ditunda terus,,,
    IP dari smester 1 gag keluar padahal saya udh 1,5 taon kuLiah…
    saya jadi masa depan di jardiknas,,,,,
    gMn tanggapan teman-teman dari daerah lain???

  7. Saya mahasiswa jardiknas di jakarta….
    mAw crita dikit….
    kayaknya kOq program kuliah nya gag terorganisir dgn jLas ya????
    ujian online brantakan,,,,
    UAS ditunda terus,,,
    IP dari smester 1 gag keluar padahal saya udh 1,5 taon kuLiah…
    saya jadi males berharap tentang masa depan di jardiknas,,,,,
    gMn tanggapan teman-teman dari daerah lain????

  8. aku mau nGasi Komentar Untuk Program D3 TKJ ini…
    kenapa penguMuman Ujian sertifikasinya telat banget,buat nasib kita jadi ngambang…

  9. teruTama Sertifikasi TOEIC …aku kecewa Ma D3 TKJ.
    sebetulnya Program ini Bagus banget n masa depan kita Bisa Kita bayangkan …
    aku mau ngasi pesen supaya pengumuman Yg akan datang tidak seperti itu lagi,kasian temen” yg nungguin…selamat Berjuang My Friend’s…Moga suKses

  10. Sebenarnya apa yang sudah d ulas tadi sudah cukup jelas, kita sebagai mahasiswa pjj di harapkan untuk bisa dan mampu untuk menjaga dan merawat jaringan internet yang sudah tepasang di sekolah masing-masing

    akan tetapi dalam penerapannya sebagaian besar tidak tepat sasaran di sebabkan karena waktu belajar yang begitu singkat tidak mungkin dalam waktu sesingkat itu kita langsung memahami materi2 yang di dapat di kampus

    akibatnya mahsiswa yang magang tidak terlalu paham situasi di lapangan, pada akhirnya kita yang akan menjadi teknisi akan salah arah, misalnya di suruh ngetik saja atau membantu kegiatn belajar mengajar di sekolah

    untuk itu kepada semua teman teman yang tersebar untuk jeli dan kritis.

  11. Sy dr Poltek tedc bandung..,TKJ sem 3…,entahlah nasib TJk seperti apa, kita dituntut Untuk menguasai konsep jaringan akan tetapi fasilitas yang sisediakan Nihiiil…apalagi di Instansi seakan kurang peduli dengan kemajuan mahasiswa Jardiknas………Mohon ada Perhatian lebih lanjut dari pihak yang benar2x berkepentingan…wasS

  12. kuliah TKJ???? di IPB aja… cepet lagi. 2 tahun langsung jadi d3. beasiswa langsung pula. kuliah semester ngebut dan cepat.

  13. Saya D3 TKJ Mataram angkatan II Sukses selalu buat temen-temen di seluruh nusantara !!! Semoga nasib kita jadi lebih baik di tahun baru besok amin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: